Kamis, 30 Juli 2015

Masalah Baterai Tablet

Masalah Baterai Tablet

Tempat jual baterai tablet dicari banyak pengguna phone tablet Android baik merk ternama Samsung, Acer, Asus, Lenovo maupun merk lokal Advan, Ainol, Axioo, Imo, Cyrus, Epad, Mito, Movimax, Treq dll. Mengingat usia baterai phone android sebelum drop atau rusak ditentukan oleh jumlah lifecyle 500 s.d 1000X, maka dalam penggunaan wajar baterai akan mulai bermasalah pada usia 6 bulan s.d 1 tahun pemakaian. Baterai phone tablet android pasti akan mulai drop atau rusak pada jangka waktu tersebut atau bahkan lebih cepat jika salah perawatannya. 

masalah baterai phone tablet android
Dalam kasus kita tidak dapat memperbaiki maka perlu menggantinya dengan membeli baterai baru. Kali ini Baliservicecomputer akan berbagi beberapa tips dan cara terkait dengan masalah baterai tablet.
Ciri-ciri Masalah Baterai Phone Tablet Rusak Drop
replacement battery tablet china ainol, e pad
  • Baterai Tablet tidak bisa di charge sampai full, periksa dahulu masalah charger rusak disini.
  • Baterai Phone Android sudah dicas full tetapi cepat habis atau drop dalam hitungan menit.
  • Phone Tablet Android sering restart sendiri saat digunakan.
  • Tablet tidak mau menyala walaupun baterai dicharge sampai full, tablet menyala harus dengan adaptor charger terpasang (sambil dicharge)
  • Baterai kembung 'hamil' bocor dll.
jual baterai phone tablet android
Jika ciri-ciri baterai phone tablet android rusak diatas terjadi maka pilihannya adalah menggantinya dengan membeli sparepart baterai baru. Baterai bukanlah sparepart yang dapat diperbaiki. Kalibrasi itu untuk merawat baterai yang masih baik, bukan utnuk memperbaiki baterai yang sudah drop. Demikian juga memasukkan baterai yang sudah rusak ke dalam freezer tidak akan memperbaikinya. Kalau memang bisa mengapa pengguna tablet atau laptop di negara-negara yang suhunya dingin baterainya tetap rusak pada usia pemakaian tertentu?. Karena semua barang elektronik memiliki masa kerja atau disebut Mean time between failures (MTBF) yang dihitung berdasar 500x s.d 1000X life cycle, charging-discharging baterai lihium polymer. Baca disini lebih lanjut mengenai cara menghemat baterai.

Memelihara baterai yang masih baik selalu kami anjurkan, baca disini cara menghemat baterai andoid. Namun tidak ada cara untuk memperbaiki baterai phone android yang sudah rusak atau drop apalagi sudah bocor/ kembung. Satu-satunya cara mengatasi masalah ini kita harus beli baterai baru. Namun setelah menemukan toko tempat jual baterai phone android masalah lainnya muncul, yaitu bagaimana cara memasangnya. Mengetahui cara membuka/membongkar case diperlukan untuk mengganti baterai phone tablet android yang rusak.
replacement battery samsung galaxy tab, axioo, advan, acer, imo, speedup

Cara Membongkar Casing Untuk Ganti Baterai Tablet
PENTING! 
Cara mengganti baterai tablet disini ditujukan untuk pengguna pc tablet yang memiliki dasar kemampuan teknis, prinsip elektronika dan ketrampilan menyolder. Membongkar tablet akan menghanguskan garansi. Segala akibat yang ditimbulkan karena mengabaikan peringatan ini diluar tanggung jawab baliservicecomputer.

Masing-masing merk phone tablet memiliki cara membuka casing yang berbeda-beda agar kita dapat mencopot baterai dan menggantinya dengan baterai tablet baru yang sudah kita beli. Dibawah ini beberapa contoh arsip gambar foto cara membuka phone tablet android dan cara ganti pemasangan baterai, ada yang sulit ada yang mudah.
cara ganti baterai tablet
Buka casing tablet untuk ganti baterai, lihat cara buka-bongkar tablet bisa berbeda beda
masalah baterai tablet imo, advan, axioo, mito, ainol, movimax, cyrus, epad, treq
Lepaskan solder kabel baterai tablet yang rusak, hati-hati jarak kabel sempit bisa korslet baterai bisa meledak/ terbakar. Pada androtab smartfren dan Samsung galaxy Tab biasanya berbentuk socket yang dapat dilepas tanpa solder.
baterai imo, axioo, advan, cyrus pad, epad, mito, treq, ainol
Lepas baterai tablet dengan cara sisipkan dahulu kartu atm/ bingkai sim card untuk melepas perekatnya.
replacement battery tablet
Baterai biasanya dilem pada belakang LCD tablet, hati-hati saat melepas kalau tertekan LCD bisa retak dan pecah
Cara pasang baterai pengganti harus sesuai dengan kabel +(merah) dan - (hitam), gunakan avometer untuk cek agar lebih aman dan solder kembali, coba nyalakan android kita.  Jika semuanya sudah ok, tutup kembali case phone android.

Beberapa baterai phone tablet android terutama yang merk terkenal spt Toshiba, Samsung Galaxy Tab, Asus, Acer mudah ditemukan tempat jualnya secara online dan cara pemasangan baterai baru lebih mudah. Namun untuk merk lokal seperti advan, IMO, Cyrus, Advan, Ainol, epad, Mito, Axioo, Treq sulit mencari dimana toko tempat beli baterai tablet. Solusinya adalah dengan membeli baterai yang kompatibel. Berikut ini panduan dari baliservicecomputer cara membeli baterai phone tablet yang cocok.

Cara Membeli Baterai Tablet
harga beli baterai tablet android
  • Bacalah spesifikasi baterai tablet rusak/ drop yang akan diganti, gunakan sebagai acuan. Cara mengetahui info baterai silahkan tekan: *#*#4636#*#* untuk membuka kode informasi phone baterai android, akan muncul antara lain: phone information, battery information, battery history, usage statistics.
  • Beberapa kondisi seperti ic charger tablet rusak, walaupun sudah beli baterai tablet baru tetap tidak akan bisa di charge. Harus ganti ic charger tablet atau dengan cara teknik jumper.
  • Lihat panduan keterangan yang tertera pada spesifikasi baterai tablet lithium polymer yang cocok dan sesuai untuk tablet kita, spt gambar dibawah ini. 
dimana tempat jual beli baterai tablet advan, imo, axioo, asus, acer, beyond, treq, epad, movomax
Contoh kode angka spesifikasi baterai phone tablet ini bisa berbeda sesuai merk 
  1. Ukuran dimensi fisik baterai tablet=4.2mm x 97mm x 108mm, harus sama ukurannya atau mendekati, karen ruang baterai tablet terbatas dan menempel pada LCD touchscreen, telalu tebal dapat membuat touchscreen tablet pecah.
  2. Daya Baterai = 5000mAh, belilah baterai phone tablet android baru yang memiliki ampere sama, lebih tinggi lebih baik.
  3. Voltase = 3.7 V harus sama 
  4. CC 15A harus sama, lebih tinggi lebih baik. Ini adalah burst rate baterai, burst rate ini adalah kemampuan baterai untuk menggunakan daya tertinggi (15 ampere) dalam waktu sekitar 10-20 detik saja, ini berguna saat tablet dinyalakan pertama kali (booting). Jika terlalu kecil tablet tidak dapat dinyalakan dan akan sering restart sendiri. Juga saat kita mengaktifkan wifi, bluetooth, atau mencolokkan usb modem dll.
  5. Beli baterai tablet yang memiliki circuit board protection yang kompatible/ cocok dengan spesifikasinya untuk keamanan. Lihat gambar dibawah ini. Umumnya baterai tablet china/ merk lokal menggunakan 2 kabel konektor, namun beberapa tipe baterai tablet axioo, advan, mito ada juga yang memiliki 3 kabel connector. Jangan salah beli.
  6. Baterai tablet compatible tidak bisa langsung dipasang pada tablet androtab smartfren, perlu modifikasi agar baterai tablet yang di beli dapat bekerja dengan baik. Jadi baterai tablet smart androtab yang drop jangan dibuang
  7. Baterai samsung galaxy tab dan tablet smartfren androtab memiliki pin connector khusus sebaiknya membeli baterai tablet original samsung untuk menghindari masalah.

Dimana Beli Baterai Phone Tablet Android
  1. Toko baterai tablet android di kota denpasar, kuta, tabanan, gianyar-ubud dan sekitarnya, silahkan kunjungi alamat kami baliservicecomputer, agar baterai yang dibeli dapat langsung dipasang pada tablet android pelanggan.
  2. Toko Tempat Jual Tablet online adalah tempat lain yang dapat dikunjungi jika ingin memasang sendiri. Mintalah garansi jika memungkinkan saat belanja online.
  3. Hubungi alamat service resmi tablet sesuai merk masing-masing, jangan sampai pengguna advan datang ke alamat service tablet samsung ya, pasti ditolak. Ini pengalaman pribadi ha ha..;)
baterai tablet advan, beyond, imo, axioo, acer, samsung galaxy tab, mito, movimax, ainol
Harga jual baterai tablet android baru ditoko/ online untuk ukuran 3000mAH-4000mAH kisaran 180ribu-300rb (baterai samsung galaxy tab), lumayan bukan? Maka rawatlah baterai yang kita miliki. Semoga artikel ini berguna untuk pembaca yang mengalami masalah baterai phone tablet mulai rusak/ drop, tidak bisa dicharge lagi dan memerlukan panduan cara membeli, mengganti, melepas baterai tablet. Jika pembaca tinggal disekitar Bali, Nusa Dua-Kuta-Denpasar, Gianyar, Tabanan dapat menghubungi alamat toko service android

2 komentar: