Kamis, 30 Juli 2015

Tablet Android Tidak Bisa di Charge

Berikut ini BSC-baliservicecomputer akan berbagi tips tablet android mengenai cara mudah memperbaiki sendiri adapter charger baterai tablet china/ lokal yang rusak sebelum membeli charger tablet baru. Secara spesifik kami menggunakan contoh tablet china Cyrus Atom PAD namun cara memperbaiki adapter charger tablet android yang tidak mau ngecas (tablet not charging) ini juga dapat diterapkan pada tablet merk lainnya seperti Advan, Asus, Acer, Ainol, Axioo, Epad, IMO, Movimax, Samsung Tab, Toshiba, Treq dll yang menggunakan type charger tablet yang sama. Keluhan yang mungkin muncul jika adapter charger tablet rusak adalah sbb:
  • Android Tablet China sama sekali tidak mau ngecas (di charge)
  • Tablet ngecharge/dicas tetapi tidak mau penuh 100%
  • Tablet di charge tetapi berhenti di prosentase (%) tertentu.
  • Colokan charger tablet sering lepas/tidak mau konek, perlu digoyang-goyang dahulu.
Perhatikan bahwa ciri diatas juga bisa terjadi keruskan pada baterai tablet nya. Beli dan gantilah baterai tablet yang sudah rusak.
adapter tablet china tidak ngecas

Cara memperbaiki sendiri adapter charger Android Tablet China dengan keluhan kerusakan diatas memerlukan alat-alat sbb:
  1. Adapater Charger Tablet China yang rusak
  2. Tang (pliers)
  3. Jarum Jahit atau kawat kecil
Diagnosa penyebab kerusakan tablet china tidak mau di cas(charge):
Lubang jack adaptor tablet longgar karena sering mencolokkan 'male' jack adaptor dengan posisi miring. Apalagi jenis kualitas logam yang buruk pada jack adaptor merk china membuat kondisi kerusakan tambah parah ketika pengguna mencoba menggoyang-goyang jack output charger tablet agar dapat dicharge. Kerusakan jenis ini tidak perlu membongkar tablet android atau mengganti baterai tablet.

Cara memperbaiki Charger Adaptor Tablet china Atom PAD yang rusak.
android tablet not charging
  • Masukkan jarum jahit atau kawat yang berukuran kecil dengan bagian yang tumpul (ada lubang benang) didalam. 
adaptor tablet android rusak
  • Tekan secukupnya bagian 'leher' male (cewek) output jack Adapter Tablet china yang rusak. Gunakan Tang/pliers untuk menekan/menjepit jack adapter tablet yang rusak tersebut.
cara tablet android mati
Harap jangan abaikan penggunaan jarum jahit ini karena penggunaan jarum jahit/kawat ini untuk menghindari jack korslet karena kita menekan tang terlalu keras ketika mencoba memperbaiki chatger tablet yang rusak tersebut. Menekan tang terlalu keras tanpa jarum dapat membuat lobang output adaptor justru menjadi buntu dan tidak bisa digunakan lagi.
  • Test penggunaan adapator Charger Tablet China yang rusak tersebut. Jika belum dapat berfungsi dengan baik, ulangi kembali cara memperbaiki diatas.
charger tablet android china

Penyebab Android tablet china tidak dapat dicas bermacam-macam dan masing-masing kerusakan perlu penanganan yang berbeda untuk cara memperbaikinya. Jika tablet kita tetap tidak dapat di chas, cobalah menggunakan charger tablet lain yang baik dan memiliki spesifikasi yang sama untuk diagnosa keruskannya lebih lanjut atau lihat artikel masalah charger baterai tablet disini. Karena beberapa kerusakan tablet yang tidak dapat dicharge disertai layar blank dll banyak penyebabnya dan memerlukan penanganan teknis khusus, tips disini berguna untuk memperbaiki kerusakan charger android tablet china yang dengan diagnosa/gejala yang sudah kami sebutkan diatas. 

Untuk jenis kerusakan lain misalnya baterai drop/ kembung silahkan lohat info harga dan toko tempat jual baterai tablet disini, atau menghubungi service center tablet sesuai merk masing-masing.

Baca juga disini tips cara merawat baterai android agar awet. Semoga artikel tips "Tablet Android Tidak Bisa di Charge" ini berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar