Kamis, 30 Juli 2015

Smartfren Android Rusak

Bootloop adalah kondisi handphone andromax smartfren rusak software-nya, dimana saat dinyalakan masih ada reaksi tombol power menyala namun tidak bisa start up untuk masuk ke menu dan berhenti di gambar logo tulisan smartfren saja (bukan mati total/ hardbrick). Penyebab hp bootloop dan gagal booting bermacam-macam, paling sering sih karena ada file system android yang rusak, bisa file corrupt, konflik aplikasi ataupun kesalahan modifikasi system. Contoh: setelah di root salah menambah memory internal-external storage atau salah ganti font, modifikasi system UI, swap file  dll. Pengalaman di tempat service kami, dalam beberapa kasus baterai drop juga dapat menyebabkan bootloop pada android type tablet.

Bagaimana cara memperbaiki Smartfren Android yang rusak dengan ciri-ciri gejala seperti disebutkan atas? Berikut ini cara mengatasi sendiri masalah Handphone Smartfren Andromax c yang mengalami bootloop.

Peringatan
Untuk mengatasi bootloop, tidak mau masuk menu atau gagal start up caranya berbeda-beda, dan link download firmwarenya juga berbeda sesuai type handphone. Kesalahan melakukan proses flash dapat membuat handphone-tablet android smartfren mati total/ hardbrick. Segala resiko yang diakibatkan ditanggung sendiri. Kami Bali service computer hanya mencoba membantu untuk pengguna Handphone Andromax Smartfren yang jauh dari tempat service center Smartfren agar dapat memperbaiki sendiri Hape nya yang rusak.

Persiapan
  • Micro SD yang sudah di format fat 32.
  • Link Download firmware handphone andromax c Smartfren di sini menggunakan komputer Laptop. Atau download disini.
  • Ekstrak file rar menggunakan 7Zip atau program serupa, maka akan menghasilkan folder dengan nama EG902.v1
  • Copy folder rom hasil ekstrak ke MicroSD dan langsung saja diletakkan di kartu memori micro sd tanpa diubah.
  • Masukkan memori kedalam slot micro sd Handphone.
Proses cara Instal Android Smartfren
  • Dalam kondisi mati tekan dan tahan 3 tombol : power, vol up dan vol down secara bersamaan sampai keluar notification.
  • Tekan tombol power dan tunggu sampai proses flashing selesai (sekitar 5 menit)
  • Setelah instalasi selesai ada perintah reboot teks berwarna hijau, tekan tombol power hingga handphone smartfren restart sendiri.
  • Selesai, handphone samrtfren kembali seperti baru.
Tips:
  • Proses download link firmware smartfren harus utuh dan tidak boleh terputus, jika koneksi internet putus sebelum download selesai, harus mulai dari awal lagi.
  • Untuk hasil terbaik silahkan lakukan prosedur cara instal/ flashing diatas 2x agar lebih stabil.
  • Setelah Andromax c normal, file rom di micro sd tidak dibutuhkan lagi dan dapat dihapus.
  • Cara ini juga dapat digunakan untuk handphone smartfren yang lupa password email, lupa pola/lock pattern jika tidak bisa dengan cara factory reset.
Perlu diketahui bahwa Handphone Andromax C ada 2 versi, nah prosedur cara instal/ flashing andromax Smartfren dengan link download rom diatas hanya dapat diterapkan pada Andromax c versi I dengan Android Ice Cream Sandwich dan tidak cocok untuk versi 2 dengan os bawaan Jelly Bean maupun type handphone Smart lainnya seperti andromax i, v, andromax g apalagi untuk type Tablet.

Bagaimanapun, tidak semua kerusakan handphone android dapat dibenerin sendiri (baca juga Andromax smartfren rusak), terutama jika berhubungan dengan hardware, kadang kita perlu bantuan tempat service karena memerlukan peralatan teknis khusus. 


Contoh handphone-tablet android yang rusak hardware, mati total, ganti baterai drop, tidak bisa dicas karena colokan connector charger putus, adaptor charger rusak, sinyal hp smartfren andromax hilang dll. Bagi pengguna Andromax Smartfren yang tinggal di Denpasar, Kuta dan sekitarnya yang silahkan bawa ke tempat service center resmi tablet Android Smartfren di jl P. Kawe atau ke tempat kami di jl Drupadi Renon jika ingin lebih cepat selesai.

1 komentar: