Kamis, 30 Juli 2015

Touch screen Tablet Pecah

Masalah touchscreen PC phone tablet rusak karena jatuh sehingga pecah atau retak dan tidak berfungsi pada merk advan, axioo, cyrus pad, imo, mito, movimax, treq dll dapat menjadi salah satu problem yang cukup menyulitkan cara memperbaikinya dibandingkan masalah touchscreen pada phone tablet Samsung, Acer, Asus, HTC, Lenovo, Oppo dll. Ini berbeda dengan beberapa masalah touchscreen yang bersifat sementara/ temporary, misalnya saat tablet sedang dicas touchscreen tidak normal meloncat-loncat. Demikian halnya saat tablet digunakan cukup lama dan panas maka touchscreen jadi tidak berfungsi. Cara mengatasi masalah penyebab touchscreen tablet android tidak normal diatas sudah baliservicecomputer bahas. Nah kali ini adalah masalah touchscreen pc tablet android yang tidak berfungsi total disebabkan karena ic rusak, kaca retak/ pecah akibat jatuh. 
cara perbaiki handphone kaca pecah
Banyak pengguna phone tablet android yang masih rancu ketika kami membahas masalah kerusakan touchscreen tablet android ini. Touchscreen tablet rusak ini berbeda dengan kerusakan pada LCD. Kedua bagian ini berbeda, LCD dan touchscreen adalah bagian yang terpisah, maka kerusakan touchscreen hanya terjadi pada layar (tipis) di bagian atas/ luar saja, bukan pada bagian LCD didalamnya. Harap perhatikan bahwa beberapa type Handphone menggunakas OGS (One Glass Solution) dimana LCD+Touchscreen menempel jadi satu sehingga biaya perbaikan akan berbeda, contohnya HP Samsung S/Galaxy note, HTC dan Andromax Smartfren I, U, Z serta hape Oppo seperti gambar dibawah ini.
memperbaiki handphone rusak jatuh lcd pecah

Satu-satunya cara memperbaiki touchscreen phone tablet yang rusak fisik karena jatuh sehingga retak/ pecah adalah dengan mengganti bagian sparepart touchscreen bukan lcd nya. Masalahnya mencari tempat jual touchscreen dapat menjadi kesulitan tersendiri, bahkan setelah kita dapat membelinya, cara mengganti toucshscreen yang rusak itu sendiri tidak selalu mudah, sama seperti mengganti lcd laptop yang rusak, kita perlu membongkar casing tabletnya. 
masalah touchscreen tablet android china
LCD dan Touchscreen 2 part yang berbeda

Berikut ini cara mengganti touchscreen tablet android baik merk global maupun lokal buatan china yang terpisah layarnya antara lcd dan kaca touchscreen.
spare part tablet merk china
  • Buka cover penutup baterai dan bautnya (jika ada), lalu buka casing phone tablet. Cara membuka phone tablet android ini sebagai contoh dan bisa berbeda dari contoh gambar disini sesuai merk masing-masing.
  • Pisahkan bagian lcd+ touchscreen dari board/ pcb tablet, hati-hati saat membongkar tablet terutama pada bagian kabel yang harus dilepas. Lihat selengkapnya untuk mengganti sparepareparts lcd, baterai dll dengan cara membongkar tablet disini.
cara ganti lcd touchscreen
  • Pada saat motherborad/PCB sudah mulai terpisah dengan casing, kita akan melihat layar LCD terdapat 2 lapisan. Bagian dalam adalah lcd dan lapisan kaca paling atas (luar) itu adalah bagian touchscreen yang berfungsi ketika disentuh, maka bagian atas layar inilah yang mengalami kerusakan. Silahkan baca disini jika layar lcd tablet yang rusak.
  • Kita tidak boleh langsung memisahkan/ mencabut kaca touchsreen ini dari frame begitu saja, karena biasanya terdapat baut/ klep atau lem perekat pada bagian yang menghubungkan bagian touchscreen dengan lcd dan frame tablet. Nah kita harus melepas dulu sambungan ini. Jika tidak yakin bisa melakukannya, harap pembaca meminta bantuan teknisi phone tablet untuk mengganti lcd touchscreen phone tablet android yang pecah atau retak.
touchscreen rusak tablet axioo, imo, treq, cyruspad, advan, mito, epad
  • Jika ada toko tempat menjual sparepart lcd touchscreen phone tablet disekitar kota tempat tinggal untuk membelinya, kita bisa membawa touchscreen rusak tersebut sebagai contoh. Walaupun merknya berbeda asal ukuran dan jenis kabel flexible+IC Multi yang digunakan pinnnya sama kemungkinan besar touchscreen tersebut bisa berfungsi. 
  • Langkah selanjutnya, pasang touchscreen phone tablet pengganti yang sudah di beli tersebut dengan memasang kembali ke frame tablet sesuai dengan cara diatas tentu dengan urutan kebalikannya.
  • Sebelum memasang kembali casing dan baut, sebaiknya test dahulu apakah touchscreen tersebut berfungsi dengan baik dan normal.
cara touchscreen tablet
  • Jika touchscreen sudah berfungsi, ada baiknya tetap melakukan setting ulang calibration layar agar bisa berfungsi dengan lebih baik. Buka menu setting>calibration, lalu ikuti tanda tanda silang dilayarnya. Cara melakukan touch screen test dapat dengan menekan kode *#*#2664#*#* pada phone android. Jika calibration test masih failed, maka kita harus memeriksa kembali cara pemasangan dan cek flexible layar touchscreen.
Dimana toko tempat jual touchscreen tablet Android
Untuk mengetahui tempat jual spare part dan harga lcd touchscreen phone tablet, 
  1. Pertama yang layak untuk dihubungi adalah service center resmi. Jika di service center resmi tablet tidak tersedia, 
  2. Tempat jual layar touchscreen tablet online di internet menjadi pilihan selanjutnya, dan biasanya harga lebih murah. Namun untuk membeli touchscreen secara online diperlukan no id produk (item code) karena spare part phone tablet merk lokal biasanya tidak terdaftar disana. 
  3. Kita dapat mengetahui versi layar touch screen dengan menekan kode *#*#2663#*#*. Ketika melepas layar touchscreen tablet yang rusak, biasanya pada ujung kabel flexible touchscreen terdapat tulisan nomor tertentu/ stiker barcode item code produk. 
  4. Pengguna di sekitar Denpasar: kuta, sanur, gianyar silahkan datang langsung ke lokasi alamat servis Android kami di utara lapangan renon, Jl Drupadi.
tempat jual beli lcd touchscreen tablet china
Kita dapat membeli sparepart touchscreen tablet sesuai nomor tersebut secara online dan menggantinya dengan touchscreen baru. Tablet android lokal buatan china seperti advan, axioo, beyond, cyrus pad, imo, mito, movimax, treq dll hanyalah merk lokal rebranding merk lain, jadi merk-merk tersebut sering tidak ada dalam daftar merk toko online spare part tablet, jadi agak sulit menemukan tempat jual sparepart tabletnya. Sementara untuk merk terkenal Samsung Galaxy Tab-Galaxy Note, Asus, Acer, Lenovo, Oppo, Toshiba lebih mudah sparepartnya jika terjadi kerusakan pada Phone Tablet tersebut. Harga layar touchscreen rusak tersebut biasanya berbeda-beda sesuai type tablet namun masih lebih murah dibanding harga LCD Tablet.

Di Banyak daerah, menemukan toko tempat jual spare part lcd touchscreen tablet dapat menjadi pekerjaan sulit daripada cara menggantinya. Dalam beberapa kasus mungkin kita tidak dapat menemukan pengganti touchscreen yang rusak. Agar tablet android tetap dapat digunakan kita dapat memanfaatkan fitur usb otg dengan menggunakan mouse sebagai pengganti layar sentuh yang rusak. Baik usb mouse kabel (biasa dipakai untuk komputer pc dan laptop) maupun usb wireless mouse dapat dihubungkan ke tablet android yang memiliki fitur usb OTG.
touchscreen tidak berfungsi
menggunakan mouse pengganti layar sentuh tablet
Baliservice computer berbagi cara untuk mengatasi masalah lcd touchscreen pc phone tablet pecah ini dari pengalaman pribadi saat memperbaiki tablet milik pelanggan. Saran dari kami, sebaiknya mencegah lcd touchscreen tablet pecah, karena untuk (brand terkenal) dengan layar jenis IPS OSG harganya lumayan mahal (30% sd 50% dari harga phone tablet android). Untuk layar tablet/ hp Advan cukup banyak tersedia, harga sparepart touchscreen lcd phone tablet merk lokal lebih murah namun merk lainnya agak sulit dicari dibanding merk terkenal seperti Samsung Galaky tab. Belanja online di ebay kita cukup mudah menemukan layar merk Lenovo, Toshiba, Asus, Acer, Oppo dll. Cara pada gambar-gambar diatas hanyalah contoh dan bisa berbeda pada merk tablet milik pembaca. Semoga tips cara mengatasi, mengganti dan membeli lcd touchscreen phone tablet android yang rusak ini dapat menjadi ide dan bermanfaat.

24 komentar:

  1. Hallo mas or mba di bali.,
    Slamat pagi.,
    Saya punya hp yg kayanya tergolong langka CUBOTx6
    Tauchscreennya pecah..
    Jika ada partnya mohon hub saya.
    085197476596

    Makasih.

    BalasHapus
  2. Ini bisa juga nggak buat laptop asus T100?

    BalasHapus
  3. nah gan , klo lcd nya retak sedikit tapi touchscreen nya lancar apa aja yang di ganti? mohon di bales cepet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan. Saya mau tanya . Hp saya jatuh terus kacanya retak . Lcd lancar. Hanya kacanya saja yg retak .. Di ganti biasanya berapa duit yah ?

      Hapus
  4. Gan biasanya habis berapa ganti touchscreen merk langka realpad p700

    BalasHapus
  5. layar retak tpi masih hidup, cuman gak respon klo di pencet, yang diganti apa? layar touchscreen atau lcd atau , touchscreeen + lcd + frame. nih yang soal frame gw bngung, pergi ketoko satu mau ganti sama frame, prgi ketoko satu lcd ny, toko lain jg lcd, tpi ada jg yg bilang sama frame. bngung nih gan. BALAS kilat donk

    BalasHapus
  6. tocscren treq x1 ada a mas ??
    kalau ada pm ane 08986074272

    BalasHapus
  7. Kalau Jenis LCD Yang sama dengan EPAD ALDO T2 apakah ada yang merk lain yang sejenis bisa support..

    BalasHapus
  8. Touchscren lancar tp, kaca pecah apanya yg harus di ganti yah mas... Mohon pencerahan nya...

    BalasHapus
  9. Mas saya mau nanya nih
    Saya punya tab advan t2e.kemarin dipakai buat main game tiba tiba ada garis merah dilayarnya jadi saya matiin.pas saya hidupin lagi ternyata masih bisa dan garis-garis merah yg saya bilang tadi tidak ada lagi.tapi malam nya hp saya mati total dan tidak bisa hidup sama sekali (mati total)
    Kalau yg seperti itu apanya yg bermasalah mas?

    BalasHapus
  10. Gan punya touchsreen mivo mv 200 gak ?

    BalasHapus
  11. Saya mau tny kalau tablet kena benturan keras trus layarnya hitam taoi kalau dicas masuh bisa nyala itu kira kira msh bisa diperbaiki ng ta?

    BalasHapus
  12. punya saya retak sedikit tapi layar gk ngrespon sentuhan. gmn yahh

    BalasHapus
  13. sebagian layar tidak fungsi saat pecah itu kenapa ya mas? Apa harus ganti? Hape Cina

    BalasHapus
  14. Gan kalo touchscreen toshiba AT-7A ada gak gan mhon infonya trims

    BalasHapus
  15. Gan kalo touchscreen toshiba AT-7A ada gak gan mhon infonya trims

    BalasHapus
  16. Gan touchscreen toshiba AT-7A ada gak gan mohn infonya trims

    BalasHapus
  17. Gan touchscreen toshiba AT-7A ada gak gan mohn infonya trims

    BalasHapus
  18. Mau Tanya kak Kalau lcd tablet advan saya peach gara - gara gak seng aja didudukin

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. LCD Treq x1, btw admin nya mana? Serius ga ini!

    BalasHapus
  21. Ganti tauchscreen dengan touchscreen bebeda merek Bisa Ya Gan ?

    *.Jika ada toko tempat menjual sparepart lcd touchscreen phone tablet disekitar kota tempat tinggal untuk membelinya, kita bisa membawa touchscreen rusak tersebut sebagai contoh. Walaupun merknya berbeda asal ukuran dan jenis kabel flexible+IC Multi yang digunakan pinnnya sama kemungkinan besar touchscreen tersebut bisa berfungsi.

    BalasHapus
  22. Touchscreen utk kioson tipenya sama dg tablet ap ya...

    BalasHapus